Sejak CAPTCHA Diciptakan

Kamis, 13 Maret 2014 0 komentar

Barangkali sekali waktu pernah kita direpotkan oleh keberadaan CAPTCHA. Ketika sedang menuliskan komentar di suatu forum atau blog kita diminta untuk menuliskan kata-kata tak bermakna yang terkadang sulit dibaca sehingga kita diminta untuk mengulanginya lagi. Itulah CAPTCHA.

Tapi sejatinya CAPTCHA diciptakan bukan untuk merepotkan pengguna internet. CAPTCHA diciptakan demi untuk tujuan baik, yaitu untuk menanggulangi spam. Computer harus memastikan bahwa yang sedang mengisi suatu formulir tersebut adalah manusia dan bukannya mesin spammer. Sebab sebelum ada CAPTCHA para raja spam mampu menciptakan suatu program yang memungkinkan untuk secara otomatis, misalnya mengisi suatu formulir, email sehingga banjir spam di mana-mana.
 

Sejarah CAPTCHA dimulai pada tahun 2000. Adalah Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper dari Carnegie Mellon University yang mengembangkan CAPTCHA dan kali pertama digunakan oleh Altavista dan Yahoo dengan tujuan untuk mencegah boot chatting secara otomatis dan pengiriman url secara massal. Istilah "CAPTCHA" sendiri berasal dari kata bahasa Inggris "capture", dan selain itu CAPTCHA juga merupakan singkatan dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart"

Uji Turing sendiri pertama kali dikenalkan oleh Alan Turing, seorang professor di bidang matematika, logika dan kriptografi asal Inggris. Test Turing adalah tes standar dari artificial intelligence yang berdasakan mesin, di mana jika lulus tes ini maka suatu mesin dianggap berperilaku cerdas.

Umumnya CAPTCHA menggunakan teks yang berupa huruf dan angka dari citra terdistorsi yang muncul di layar atau kombinasi keduanya. Atau juga berupa pertanyaan-pertanyaan sederhana di mana pengguna diminta untuk menuliskan jawabannya di form yang disediakan, baik itu pertanyaan sederhana seperti 'bagaimana rasanya gula?' atau pertanyaan berbasis matematika. Namun pada perkembangan selanjutnya kecanggihan spammer mampu mengembangkan suatu program yang dapat membaca CAPTCHA berbasis teks ini.

Karena itu kemudian mulai dikembangkan CAPTCHA yang berbasiskan gambar. Dengan demikian computer akan menyajikan gambar dan menginstruksikan kepada pengunjung untuk mengeklik gambar yang dimaksud untuk memastikan bahwa mereka adalah manusia dan bukan mesin

0 komentar:

Posting Komentar

Menu

--

Perhatian

Maaf para pengunjung jika tak nyaman dengan blog ini !`

Bergabunglah Bersama Newbie Blogger`

Featured Posts

 

©Copyright 2011 Coretan Newbie` | TNB