Fakta-Fakta Seputar Nomor Telepon

Kamis, 13 Maret 2014 0 komentar
 Di phonebook Anda pasti ada ratusan nomor telepon dari teman, rekan kerja atau saudara, yang Anda mungkin menghubungi beberapa dari mereka setiap hari, tetapi apakah Anda pernah berpikir tentang sejarah di balik nomor telepon? Kapan nomor pertama kali diperkenalkan? Bagaimana Anda berakhir dengan kode area tertentu, atau nomor telepon termahal? Berikut adalah fakta-fakta seputar nomor telepon.

Bagaimana nomor telepon ditemukan. Pada awal-awal telepon ditemukan, kita harus meminta bantuan operator untuk minta dihubungkan dengan seseorang yang dimaksud. Dan hal itulah yang kemudian mengganggu pikiran dari Dr Moses Greeley Parker yang merupakan teman dari Alexander Graham Bell pada tahun 1879. Maka mulai dari itulah diperkenalkan suatu system penomoran untuk masing-masing line yang akan menggantikan kerja dari operator, dan system tersebut ternyata sukses dan berjalan hingga sekarang.

Kode area pertama di AS. System kode area tidak diperkenalkan hingga tahun 1951. Pada awalnya hanya terbagi ke dalam 90 kode area, yang semuanya berdasarkan kepada populasi penduduk. Suatu wilayah yang memiliki populasi penduduk yang besar akan mendapatkan kode wilayah yang mudah dan cepat sebab saat itu masih menggunakan system putar untuk menghubungi suatu nomor. New York memiliki kode area 212, Los Angeles 213 dan Chicago 312, sementara daerah pedesaan seperti Texas dan Kansas mendapat kode area 915 dan 913.

Nomor gawat darurat. Nomor emergency ini biasanya berbeda pada tiap daerah. Nomor 911 dipakai sebagai nomor standar di AS dan Kanada, sementara di Eropa adalah 111 dan 999 di Inggris Raya. Penggunaan nomor gawat darurat ini dimulai sejak tahun 1930-an. Nomor 911 pada mulanya disebut dengan ‘nine-eleven’ lalu berubah menjadi ‘nine-one-one’ untuk mencegah masyarakat kebingungan mencari tombol ‘11’!

Nomor paling mahal. Nomor telepon termahal yang pernah terjual adalah 666-6666 pada suatu acara amal di Qatar. Nomor cantik itu terjual seharga $2,7 juta dan mengungguli nomor termahal sebelumnya yaitu nomor dari China 8888-8888 yang terjual $ 280.000

Nomor fiktif untuk film. Pada film-film televisi maupun layar lebar ternyata digunakan nomor fiktif. Nomor-nomor yang diawali dengan 555 disepakati digunakan untuk kepentingan film tersebut. Namun demikian beberapa film melanggar kesepakatan tersebut. Universal Studio memiliki nomor (212) 664-7665 yang muncul di film The Adjustment Bureau, Definitely Maybe dan Scott Pilgrim vs the World. Sementara film Fight Club mengunakan kode area 288. Yang controversial adalah film Bruce Almighty yang menggunakan nomor telepon yang katanya adalah milik Tuhan. Setelah banyak mendapat protes akhirnya nomor 776-2323 tersebut diganti menjadi 555-0123 pada film yang dirilis di DVD.

0 komentar:

Posting Komentar

Menu

--

Perhatian

Maaf para pengunjung jika tak nyaman dengan blog ini !`

Bergabunglah Bersama Newbie Blogger`

Featured Posts

 

©Copyright 2011 Coretan Newbie` | TNB