Asal-Usul Simbol-Simbol Dalam Komputer

Rabu, 12 Maret 2014 0 komentar
Pasti kita sudah hafal di luar kepala berbagai symbol yang terdapat di dalam computer yang jika di-klik akan menuruti perintah kita. Tapi pernahkah berpikir mengapa di berbagai gadget yang berbeda simbol-simbol power, play, bluetooth selalu saja bentuknya sama. Ternyata symbol-simbol itu ada arti di balik bentuk-bentuknya. Inilah asal-usul dan arti berbagai simbol dalam computer:
Power. Sejak tahun 1973 International Electrotechnical Commission membuat tombol power sebagai sebuah lingkaran yang terputus dan di tengahnya terdapat sebuah garis vertikal. Namun ternyata simbol power itu mempunyai arti angka 0 dan 1, sebab dalam sistem biner 0 berarti mati atau off sementara 1 untuk on atau hidup. Kini tombol itu tidak hanya berada pada komputer atau mesin, melainkan juga merambah pada perangkat ponsel. 

USB. Logo USB dibuat semenjak diluncurkannya USB 1.0, berupa lambang menyerupai tombak yang bermata tiga.  Sebagai pengganti bagian yang runcing di ujung tombak bercabang tiga, para pembuat USB memutuskan untuk mengubahnya menjadi segitiga, persegi dan lingkaran. Hal ini dimaksudkan untuk menandai bahwa semua perangkat yang berbeda yang dapat terpasang menggunakan USB.
Bluetooth. Nama bluetooth diambil dari nama Raja Denmark pada abad ke 10 yaitu Harald Blatand. Sang raja dikenal sangat menyukai buah blueberry sehingga giginya sering terlihat berwarna biru. Simbol Bluetooth merupakan inisial dua huruf dari nama sang raja yaitu H dan B sedangkan warna biru untuk mengingatkan gigi yang berwarna blueberry itu. Sebagai catatan Blatand berperan penting dalam menyatukan faksi-faksi di bagian-bagian wilayah yang sekarang disebut sebagai Norwegia, Swedia, dan Denmark. Demikianlah halnya seperti teknologi Bluetooth dirancang untuk memungkinkan kolaborasi antara industri yang berbeda seperti komputer, ponsel, dan pasar otomotif.
 
At. Kita sering menjumpai simbol @ pada email. Ternyata banyak sebutan untuk at, seperti siput (Prancis dan Italia) , tikus kecil (China) , ekor monyet (Jerman). Pada tahun 1971 seorang programmer Raymond Tomlinson memutuskan untuk memasukkan simbol di antara alamat jaringan komputer untuk memisahkan pengguna dari terminal. Sebelum digunakan Tomlinson , @ juga menghiasi keyboard dari Underwood Amerika pada tahun 1885 sebagai simbol singkatan akuntansi yang berarti "pada tingkat".
Ethernet. Meskipun telah ditemukan bertahun-tahun sebelumnya symbol yang sekarang kita kenal sebagai port Ethernet sebenarnya dirancang oleh insinyur IBM bernama David Hill. Menurut Hill, simbol ehternet itu merupakan satu set simbol yang semua dimaksudkan untuk menggambarkan berbagai koneksi jaringan area lokal tersedia pada saat itu. Susunan balok, yang sengaja dibuat non-hirarkis, masing-masing mewakili komputer/terminal
Play, pause dan stop. Jauh sebelum digunakan pada aplikasi pemutar music digital atau video tombol itu telah digunakan pada tombol tape recorder. Play disimbolkan sebagai panah yang berarti bergerak maju ke depan. Symbol pause adalah dua bar sejajar yang diartikan sebagai jeda, atau tak ada gerakan baik maju atau mundur. Sementara symbol stop adalah sebuah kotak yang artinya berhenti.

0 komentar:

Posting Komentar

Menu

--

Perhatian

Maaf para pengunjung jika tak nyaman dengan blog ini !`

Bergabunglah Bersama Newbie Blogger`

Featured Posts

 

©Copyright 2011 Coretan Newbie` | TNB