Risleting, Dari Sepatu ke Pakaian

Kamis, 13 Maret 2014 0 komentar

Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa penggunaan risleting pada awalnya adalah ditujukan pada sepatu dan sepatu bots. Sebab, pada abad ke-19 ketika itu sepatu masih menggunakan kancing, sehingga untuk membukanya memerlukan waktu hingga 15 menit.

Pada tahun 1890-an, adalah Whitcomb Judson, yang menemukan sebuah inovasi yang kemudian disebut sebagai risleting. Judson berusaha memperlancar cara melepaskan sepatu secara lebih praktis dengan menciptakan suatu alat, yang semula disebut pengait, yang berguna untuk mengunci dan membuka sepatunya. Alat itu terdiri dari dua rantai metal tipis yang dapat disatukan dengan menarik sebuah slider di tengah-tengahnya. Tapi memang ketika itu belum disebut sebagai risleting.

Pada 29 Agustus 1893 dalam acara Chicago World Fair, alat itu pertama kali mendapatkan hak paten dan dipamerkan. Namun memang ketika itu tidak cukup menarik perhatian dari para pengguna. Dan pada tahun 1896, ketika Judson bergabung dengan Lewis Walker, muncul ide briliannya untuk menggunakan risleting pada benda-benda lain.

Tas adalah benda pertama yang dicobanya, dan semula memang memperoleh perhatian dari para calon pembeli. Namun karena inovasi penggunaan risleting tersebut sering memunculkan kesulitan lain, yaitu sering macet, maka penggunaan risleting segera terlupakan orang.

Gideon Sundback berusaha untuk menyempurnakan dengan membuatnya berukuran lebih kecil, ringan dan modern. Pada pertama kalinya dia mendapatkan pesanan dari tentara Amerika Serikat. Di mana risleting digunakan untuk pakaian dan peralatan perang selama Perang Dunia I.

Nama zipper ditemukan oleh Goodrich pemilik perusahaan B.F. Goodrich yang memperkenalkan sepatu tinggi dengan pengencang. Suara saat risleting digunakan: z-z-z-ip, itulah yang merupakan asal nama zipper. Dia lalu mengubah nama produknya sebagai Zipper Boots, sehingga kemudian kata zipper menjadi dikenal oleh banyak orang.

Namun meski sudah lazim dipakai pada sepatu, tas atau dompet penggunaan risleting pada pakaian baru dimulai pada tahun 1920-an. Adalah perancang busana Elsa Schiaparelli yang memperkenalkan kolekasi rancangan pakaiannya yang menggunakan risleting pada pameran koleksi musim seminya di tahun 1935. Surat kabar The New Yorkers menyebutkannya sebagai dripping with zippers atau meneteskan dengan risleting.

Pada perkembangan selanjutnya, perkembangan penggunaan risleting ini semakin popular, namun sayangnya adalah Whitcomb Judson, sang penemu risleting sudah meninggal terlebih dahulu pada tahun 1909. Dalam keadaan putus asa karena inovasi ciptaannya belum mendapat tanggapan yang baik dari masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

Menu

--

Perhatian

Maaf para pengunjung jika tak nyaman dengan blog ini !`

Bergabunglah Bersama Newbie Blogger`

Featured Posts

 

©Copyright 2011 Coretan Newbie` | TNB