Ketika Kecil Ingin Dewasa, Ketika Dewasa Ingin Jadi Anak Kecil

Kamis, 08 Mei 2014 1 komentar
                      ========================================================

IMPORTANT
Jangan sampe misunderstand

Disini TS mau meluruskan, bukanya TS merasa sama sekali ga bersyukur, tapi di trit ini TS mau sedikit share "anomali" manusia yg ane temukan di sekitar lingkungan ane, termasuk ane sendiri. Jadi dewasa ada enaknya tersendiri... Salah satunya adalah nikah *eh 

Sekali lagi ane pesan : "Show must go on!" / "Life must go on!"
Memang ada kalanya kita boleh berhenti melepas diri dari kepenatan membawa pikiran kita ke hal yg kita sukai, mengenang masa2 indah jadi anak kecil, tapi jangan terjebak di situ! Real life is not gonna waiting for you!

TS sama sekali tidak menyarankan agar agan terjebak dalam masa lalu, karena masa lalu ya masa lalu. Setiap masa ada keasikanya sendiri.
Di sini TS mengajak agan untuk melihat dan melakukan refleksi diri untuk menghadapi masa yg mendatang.


Mohon maaf kalo masih ada yg salah paham 

                     ========================================================


Oke, kali ini ane bakal bahas salah satu sifat dasar manusia, "Penginya Macem2". Inget dulu pas agan kecil, rasanya pengin cepet2 jadi dewasa. Kalo sekarang udah dewasa gimana? Ngrasa pengin balik jadi anak kecil ga? Ane rasa kebanyakan orang setuju. Di saat kita merasa kejenuhan atau menghadapi masalah kita pasti cenderung memikirkan momen2 indah atau imajinasi tentang keadaan yg berbeda dari apa yg kita hadapi.

Ini yang ane liat dari anak kecil dan juga orang tua. Pernah liat orang dewasa (ya beranjak tua gitu) seneng dengerin musik sambil tau2 kaya gitaran sendiri gitu? Pernah liat mereka seneng liat kartun? Atau mungkin kalo lagi main ama anak kecil keliatan seneng banget? Bukan berarti menyalahkan atau menghina sih, tapi menurut ane secara logika ini merupakan penyimpangan semu... ceileeeh... 

Kalo anak kecil rewel banget, trus dihukum dikit, marah, pasti di dalem pikiran tersirat, "coba ntar liat aja pas gua dah gede". Pasti agan semua pernah ngrasain kan?

So, ayo kita liat keinginan manusia yg macem2 yg mungkin pernah ada dalem pikiran agan2 sekalian. Tapi sebelumnya Mimin ingatkan, berpeganglah pada prinsip "Show must go on!"

                  ========================================================

                             ALASAN ANAK KECIL PENGIN JADI ORANG DEWASA

1. GA ADA YANG NGLARANG ATAU NGOMELIN


Setuju gak nih ini pernah kepikiran pas agan dulu kecil? Rasanya kalo kita lagi main asik terus orang tua dateng dan bilang "Ayo berhenti mainya, udah sore/mandi dulu/udah malem" itu !@#@#$@#! 
Kita pasti bakal ngomel2 sendiri. Di mata kita orang tua itu pengatur, dan karena mereka pengatur, mereka bisa bebas tanpa diatur seperti kita (ya padahal sih aturan2 itu buat kebaikan kita sendiri, thanks mom & dad )

Agree? 

2. GA BAKAL DIHUKUM


Penderitaan terberat bagi seorang anak kecil (DRAMATIS ) adalah ketika dihukum orang tua. Memang ini tujuanya baik, tapi "bahan" dari tiap anak beda2. Ada yg dari plastik, kalo dibengkokin pelan2 tar bisa jadi bengkok, ada yg dari besi, kalo maksa dibengkokin tar patah.

Secara umum, dari 2 tipe "bahan" anak tersebut yang tersirat pasti pikiran bahwa "kalo nanti aku udah gede, tar papa sama mama pasti ga bakal ngehukum aku lagi"

Net... net... net... pikiran yang keliru, hukuman ketika kita udah dewasa meskipun bukan dari orang tua lebih berat

3. BISA BELI APAPUN YG DIMAU


Kalo kita lagi pengin jajan, pengin mainan, trus minta ke orang tua dan dikasih, rasanya super, indahnya dunia 
Tapi kalo kebalikanya? Reaksi yg umum pasti kalo ga mewek, ngomel2 sendiri.
Ini nih penyebab kita mikir kalo jadi dewasa enak, beli ini itu pasti ada duit, bebas mau beli apapun...

(padahal ya kenyataanya ga juga )

4. NO MORE BELAJAR DI SEKOLAH & PR


Kalo yang ini ane yakin, absolut, pas kecil agan2 sekalian pernah benci banget ama yg namanya tugas + PR dan penginya mainan aja di sekolah? Agree? 


Saat kita kecil, bermain adalah segalanya yg kita inginkan. Paling males kalo disuruh-suruh pas kita lagi mainan, ya gak? Begitu masuk sekolah, hal yg kita senangi adalah bermain dengan banyak kawan. Namun semua berubah ketika negara api menyerang... Eh, maksudnya ketika PR menumpuk.

5. ORANG DEWASA = COOL


Saat kecil kita pasti pnya byk cita2, firefighters, polisi, astronot, princess, dokter, tentara, banyak lagi, you name it.
Di mata anak kecil, THEY ARE REALLY COOL! 

Itu sebabnya anak kecil pengin jadi dewasa menjadi seperti mereka. Agree?Tapi kenyataanya cita2 kita waktu kecil kebanyakan ga masuk akal dan ga realistis. Sekarang aja udah dewasa, cita2 pasti ga muluk2, hidup bahagia dan sempet nikah cukup memuaskan .

Jadi inget dulu temen ane punya cita2 pengin jadi Tuhan Polos banget asli! :D

                        ========================================================

                                ALASAN ORANG DEWASA PENGIN JADI ANAK KECIL

1. ANAK KECIL = BEBAS


Kebalikan dari pikiran anak kecil, pasti kita nganggep anak kecil justru jauh lebih bebas dari orang dewasa. Anak kecil ga perlu mikirin biayain keluarga, kerjaan, tugas, apalah yg macem2. Anak kecil cukup bermain & nurut kata orang tua. Cukup. Lah orang dewasa?

Meskipun kita ga bisa jadi anak kecil, pasti masih ada secercah sinar kebahagiaan yang kita rasakan ketika kita melihat anak kecil yang polos unyu2 lari2 teriak2 bermain dengan puas. Ya gak?

2. FRIENDSHIP


Oke, ini pasti salah satu hal yang paling membuat kita iri sama anak kecil, FRIENDSHIP. Ane percaya agan sekalian punya sahabat atau temen2 yg pengin agan temuin sekarang juga kalo bisa.Ya kan?

semakin tua = semakin lama waktu berlalu = semakin banyak perpisahan

"Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan". Kalo kita bahas teman apalagi sahabat pasti kita pengin ubah kalimat itu jadi "Setiap ada pertemuan belum tentu ada perpisahan". Kita pasti berharap selalu bersama mereka. Tapi, yah, inilah jalan kita, mungkin memang ini yang terbaik bagi kita dan kawan kita.

Curhatan Mimin :D

Oke, sedikit curhat nih, Mimin skrg ank kls 12 SMA dan tinggal menunggu hitungan minggu untuk terjun ke dunia sesungguhnya. Exciting really. Tapi ada satu hal yg ane ga mau, saying "see you". Entah "see you" di sini benar2 menjadi "see you" atau justru "goodbye". Semoga hanya "see you". It's just HARD. Easier to be said than done. Ada yg ngrasain yg sama kaya MImin? 

Yah sekali lagi, lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, but believe that if you truly love your friends, then you'll love to see them happy better than seeing yourself happy with them. Kebahagian mereka adalah kebahagiaan kita juga, so pray the best for them!

3. NO WOMAN NO CRY


Oke, tanpa bermaksud negatif sedikitpun, ane bermaksud menyampaikan betapa indahnya dunia anak kecil yang tidak mengenal kata "pacar" dan "pasangan" 

Eits, emang terkesan "slogan jomblo banget", tapi liat aja tuh anak kecil. Main sepuasnya tanpa beda2in satu sama lain. It's just PEACEFUL! 

No enemies, just friends...

Kalo anak kecil berantem pasti bentar doang, ya selang berapa hari, baikan lagi. Kalo orang dewasa? Bisa ampe bertahun-tahun 
Kalaupun ada anak kecil yang ga akur, beda2in status sosial, yang harus dipertanyakan adalah lingkunganya...

4. NO REALITY, JUST DREAMS AND IMAGINATIONS


Ketika kita dewasa, kita dituntut untuk mengatasi segala sesuatu secara lebih mandiri karena inilah realita yg ada. Sebagian orang mungkin berpikir indahnya dunia anak kecil yang tak perlu memikirkan realita. Mereka tak perlu tahu apa itu perang, inflasi, krisis ekonomi, politik, etc. Yang mereka butuhkan hanyalah mimpi dan imajinasi.

Setelah dewasa, bagaimana pendapat agan tentang mimpi & imajinasi? Yah, mungkin tak seindah ketika dulu kita masih jadi anak kecil, karena kita udah tau realita yg ada, apa yg possible dan yg impossible.

Bagaimana perasaan agan ketika melihat seorang anak yg memiliki keinginan aneh yg terlihat impossible? Lalu usaha mereka untuk mewujudkannya?Mungkin mulai dari meniru tokoh superhero, atau membuat rumah-rumahan, atau lainnya.

It's just amazing to see them never give up, doing their "seemingly impossible things", and live by their dreams and imaginations.

5. LOST ONES


      Mirip dengan alesan FRIENDSHIP, bedanya klo yg ini "PERMANENTLY". Ane rasa alesan ini salah satu alesan paling kuat yg bikin kita pengin time travel ke masa lalu, either mencegah kejadian yg       tak kita inginkan atau menjadi anak kecil, karena masa kanak2 termasuk masa2 paling indah... 
I think it's clear enough...

6. FAMILY TIME


Ini nih, salah satu hal yg makin lama makin berkurang, waktu ama keluarga tercinta. Kalo dulu pas jaman kecil rasanya selalu dikelilingi oleh kenyamanan. Sekarang harus nunggu event tertentu, misal lebaran.  :'(

Sayangnya anak jaman sekarang kayanya justru kekurangan waktu ama keluarga karena kesibukan masing2

Semoga bisa menjadi motivasi & inspirasi untuk bersyukur dg apa yg kita punya sekarang

                                                          =========================

Untuk yg masih tergolong anak kecil:

Berbahagialah kalian. Sekarang tau kan banyak orang dewasa yg justru kepengin kaya kalian? Manfaatkan waktu sebaik mungkin, bermain, belajar, berteman. Anything yg mungkin akan berkurang atau malah ga akan kalian jumpai di masa dewasa.

And obviously, nurut ama orang tua. Orang tua pernah jadi anak kecil. Anak kecil belum pernah jadi orang tua.

                                                           =========================
Untuk yg tergolong udah dewasa:

TS ingatkan di sini TS bermaksud untuk mengajak agan2 mengenang masa kecil. Bagi sebagian orang masa2 tsb adalah masa paling indah.

Memang ada kalanya manusia butuh pelarian, memikirkan hal2 yg disenangi ketika banyak beban yg ditanggung tapijangan terjebak di pelarian tsb karena Anda hanya akan terus berlari. Apa yg akan terjadi pada seorang yg terus berlari tanpa berhenti? Terjatuh. Pasti. Real life is always chasing you.

Oke, mengenang masa kecil atau menyesal dsb. boleh tapi mari kita ambil sisi positifnya. Kangen ama true friendship? Kangen ama keluarga? Wujudkan itu sekarang. Jalin friendship, kekeluargaan dll. dg lebih baik. And remember, dreaming is not only for child. Tapi jangan jadi day dreaming mulu...

Masa kecil tidak akan kembali. Boleh saja mengenangnya tapi jangan terjebak di dalamnya. Jika Anda merasa masa kecil jauh lebih baik dari sekarang, apakah Anda telah mengetahui masa depan Anda hingga Anda berkata demikian? Masih ada kebahagiaan dalam bentuk lain yang menanti kita. So, stay positive, and stay strong! 

Setuju? 

                      ========================================================
Oke, sekian dari Mimin.
Sekarang ayo kita sharing pendapat, kritik, pengalaman, share childhood, atau mungkin curhatan agan2 sekalian 

Oya tambahan pesan dari TS:
Waktu akan berjalan maju, tak bisa berjalan mundur. Yang bisa kita lakukan hanyalah mempelajari waktu supaya yang tak kita inginkan tak terulang lagi...

1 komentar:

Posting Komentar

Menu

--

Perhatian

Maaf para pengunjung jika tak nyaman dengan blog ini !`

Bergabunglah Bersama Newbie Blogger`

Featured Posts

 

©Copyright 2011 Coretan Newbie` | TNB