Fakta-Fakta Seputar Tulang

Rabu, 12 Maret 2014 0 komentar
Dalam struktur anatomi tubuh, tulang memegang peranan untuk menegakkan bentuk tubuh serta untuk melindungi bagian-bagian tubuh yang rawan. Berikut adalah fakta-fakta seputar tulang:

Tulang bayi lebih banyak daripada dewasa. Bayi ketika lahir memiliki tulang sekitar 300 buah sementara orang dewasa sebanyak 206 tulang. Mengapa demikian? Sebab ketika bayi tumbuh menjadi dewasa beberapa tulang akan menyambung menjadi satu. Dan beberapa tulang yang lunak dan fleksible secara perlahan akan digantikan oleh tulang yang kuat ketika bayi tumbuh besar.

Tulang berhenti tumbuh di usia 20. Tulang biasanya akan berhenti tumbuh saat manusia memasuki usia 20 tahun. Dan seiring pertumbuhan usia tulang akan kehilangan kepadatannya dan menjadi lebih tipis dan lebih mudah patah. Tapi kita dapat menjaga kesehatan tulang dengan cara memberi asupan kalsium serta vitamin D, juga olahraga khususnya kaki.

Tulang yang paling sering patah. Klavikula atau lebih dikenal dengan tulang selangka adalah tulang yang paling mudah patah. Tulang selangka dapat patah karena benturan pada bahu atau jatuh pada tangan. Patah pada tangan juga umum terjadi karena kita sering menggunakannya saat menahan jatuh.

Hanya satu tulang yang tidak saling terhubung. Ada sebuah tulang bernama hyoid yang terletak di bawah lidah. Tulang itu adalah satu-satunya tulang yang tidak terhubung dengan tulang lain.

Merokok buruk untuk kesehatan tulang. Adalah suatu hal yang sering diketahui bahwa merokok sangat buurk untuk paru-paru, jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun ternyata merokok juga tidak baik untuk tulang. Nikotin dan kandungan kimia lainnya dalam rokok akan membuat tubuh lebih sulit menyerap kalsium ke dalam tulang untuk memperkuat tulang. Selain itu rokok juga mengurangi kadar vitamin D.

Kuping adalah tulang terkecil. Sebuah tulang kecil di belakang gendang telinga adalah tulang terkecil di tubuh manusia. Tulang itu disebut stirrup dan panjangnya hanya 2,5 – 33 mm. sementara tulang terpanjang dan terkuat adalah tulang femur yang terletak antara pinggul hingga lutut.

0 komentar:

Posting Komentar

Menu

--

Perhatian

Maaf para pengunjung jika tak nyaman dengan blog ini !`

Bergabunglah Bersama Newbie Blogger`

Featured Posts

 

©Copyright 2011 Coretan Newbie` | TNB